Republic Of Tea

Republic Of Tea
oleh
Yons Achmad

Suatu ketika, secara tak sengaja, Ziegler bertemu dengan Bill di sebuah pesawat. Ziegler adalah pengusaha pakaian yang sedang bangrut dan karenanya juga mendapat tambahan derita mengerikan yaitu diceraikan oleh istrinya. Pada saat itulah ia bertemu dengan Bill yang sedang mencari kehidupan yang bisa dicintainya dalam bisnis. Keduanya lalu mengobrol tentang apa kira-kira yang bisa mengubah hidup mereka.

Tiba-tiba Ziegler ingat tentang dirinya yang terinspirasi Zen, tentang bagaimana teh bisa menciptakan pikiran yang berbeda-beda. Menceritakan bagaimana jika ada sebuah toko teh. Ada peralatan lengkap minum teh, campuran teh untuk anak-anak dan air untuk teh dari sumber air di Sungai Yangtze serta bayangan-bayangan indah lainnya. Bill langsung tertarik. Boleh juga. Pikirnya.

Bill mulai mencari tahu tentang teh, bagaimana mengenali teh Darjeeling kualitas prima, memahami mekanisme pasar teh, jalan-jalan ke swalayan hanya untuk mencari teh tak luput juga mengobrol dengan para pedagang teh. Singkatnya, dia kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang teh. Tapi, Zigler hanya geleng-geleng kepala. Ziegler merasa bahwa Bill lebih tertarik membicarakan rencana bisnisnya daripada memulai bisnisnya.

Akhirnya mereka memulai bisnisnya tahun 1992. Entah berhasil atau tidak bisnis ini, saya tidak tahu. Yang saya tahun, mereka juga menerbitkan buku dengan judul sama dengan perusahaannya ”The Republic of Tea”, buku ini adalah kumpulan dari obrolan, pembicaraan dan korespondesi mereka yang dikumpulkan oleh Patricia, istri Bill. Buku ini masuk dalam 100 buku bisnis terbaik sepanjang masa. Versi Indonesia diterbitkan oleh penerbit Ufuk, dan cerita diatas saya dapatkan juga melalui buku ini. Spirit dari buku ini, banyak memang ide-ide baru seputar kewirausahaan. Tapi satu-satunya indikator yang bisa Anda percaya adalah suara hati Anda.

Jadi, sekarang, jika mau berbisnis dengarkan suara hati, temukan sebuah bisnis yang benar-benar dicintai. Lalu, ide bisnis jangan terlalu banyak dibicarakan, tapi langsung dimulai. Itu saja dan keberhasilan akan menanti.

0 Response to "Republic Of Tea"