Ramadhan 2015 Bersama Jingga


Ramadhan  2015 Bersama Jingga
:Yons Achmad

Sehari sebelum ramadhan 2015 dokter di RS Pelni Jakarta bilang ke saya “Besok di operasi ya”.  Saya tanya-tanya ternyata biaya operasi bisa sekitar Rp. 25 juta. Waduh, mahal bener. Sementara dana di saku keluarga kami tak sampai segitu.  Akhirnya  setelah sekitar  4 hari menginap di rumah sakit itu saya pulang ke rumah. Istirahat semalam.

Esoknya, setelah sahur kami berempat: Saya, istri, Jingga dan ibu mertua terbang ke Jogja. Alhamdulillah pesawat tak delay. Jadi penerbangan kami tepat waktu. Dari bandara kami dijemput oleh kakak saya menuju Magelang. Rencananya, dengan pertimbangan biaya yang terjangkau, saya akan melakukan operasi di Rumah Sakit Tentara (RST) Magaleng. Maklum saya belum punya BPJS. Jadi untuk berobat harus keluar biaya sendiri.

Jumat 19 Juni 2015 operasi dimulai. Tak lama, hanya sekitar satu jam saja.  Barangkali operasi merupakan hal yang biasa bagi sebagian orang. Tapi tidak bagi saya.  Entah kenapa, melihat jarum saja sudah keringat dingin saya.  Satu hal yang paling tidak saya suka adalah segala hal yang berbau jarum apalagi rumah sakit. Tapi rupanya, Allah menghendaki lain.  Ya sudah, saya berusaha menerimanya dengan ikhlas. 3 hari mendekam di rumah sakit, saya diperbolehkan pulang. Walau harus kontrol secara rutin.

Ramadhan 2015…

Untuk pertama kalinya menjalani ibadah puasa dengan Jingga Kanaya, anak saya.  Walaupun, sampai saat saya menuliskan cerita ini  belum bisa berpuasa.  Kini, kami sekeluarga beramadhan di kampung. Lereng Gunung Merapi yang dingin.

Hari pertama bermalam, semua kedinginan.  Tapi pelan-pelan kami bisa beradaptasi. Yang tersisa kini adalah mengambil hikmah, pelajaran darinya.

Yang pertama tentu ke depan berusaha untuk lebih menjaga kesehatan.

Selebihnya adalah berterimakasih kepada keluarga dan orang-orang yang masih peduli kepada saya.

Selanjutnya, tinggal berdoa mohon kesembuhan agar bisa beraktivitas seperti semula. Bisa berkiprah lagi. Bekerja mencari nafkah untuk keluarga dan juga meneruskan perjuangan sepanjang saya bisa. Terutama “Berjihad Lewat Media”. Bismillah.

Spesial. Tengkyu to Alien yang telah merawat saya. Luv u... :)

Magelang, 27 Juni 2015.

0 Response to "Ramadhan 2015 Bersama Jingga"