Manfaat Sholat Dhuha Tak Selalu Uang

Manfaat Sholat Dhuha Tak Selalu Uang
:Yons Achmad*

“Perbanyak sholat dhuha bro biar rezeki lancar” Seorang teman menasehati saya. Dan saya kira banyak orang yang juga pernah menasehati demikian. Tapi apakah benar dan selalu kalau sholat dhuha otomatis rezeki menjadi lancar?

Saya tak benar-benar tahu. Itu rahasia Allah Swt.

Hanya kadang saya berpikir begini. Syarat sahnya sholat salah satunya mereka harus berakal. Dan saya kira, untuk melakukan perbuatan atau ibadah, atau mengerjakan amal lainnya, akal juga perlu dikedepankan. Agar apa yang kita lakukan benar-benar punya makna yang sebenarnya.

Lantas bagaimana dengan sholat dhuha? Apakah benar-benar berkorelasi dengan rezeki? Kita baca beberapa hadist berikut ini:

Diantara keutamaan atau manfaat shalat dhuha ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Didalam riwayat lain oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh berkata,”Nabi saw kekasihku telah memberikan tiga wasiat kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan mengerjakan shalat witir terlebih dahulu sebelum tidur.”

Saya kira, dengan membaca hadist itu, tak langsung memberikan semacam “Janji” kalau sholat dhuha rezeki lancar. Tapi, dengan pengetahuan agama saya yang masih sedikit ini, saya kok berpikir begini.

Niat atau motivasi awal sholat dhuha saya kira tak  harus melulu agar rezeki lancar. Tetapi meneladani dan mengaplikasikan apa yang disarankan Rasulullah. Dengan menjalankan sunnahnya tersebut, kita berharap Allah Swt akan ridho dan berkenan. Setelahnya, ketika kita berdoa, salah satunya meminta rezeki, maka dengan begitu harapan doa kita bisa terkabul. Dan rasa-rasanya rezeki sendiri memang juga tak selalu melulu uang.

Saat ini saya juga sedang belajar bagaimana bisa sholat dhuha tapi atas motif utama mencari keridhoaan Allah Swt, walaupun selanjutnya juga berdoa agar diberikan rezeki yang lancar, tapi sekali lagi mencoba untuk berusaha dan berusaha agar niat awalnya benar. Agar ibadah tak seperti ibadah dengan motif ‘Pedagang”. Yah, semua itu tentu saja agar kita tak kecewa karena beribadah dengan harap yang besar tapi motif awalnya keliru.

*Penulislepas @senjakarta

0 Response to "Manfaat Sholat Dhuha Tak Selalu Uang"