(Resensi) Facebook, Jalan Menuju Surga

Facebook, Jalan Menuju Surga

:yons achmad*


Judul Buku : Facebook : Sebelah Surga, Sebelah Neraka

Penulis : Yanuardi Syukur

Penerbit : Diva Press, Jogjakarta

Cetakan : I 2009

Tebal : 179 Halaman


Apa manfaat facebook buat Anda? Saya kira semua pemakai akan dengan cepat menjawabnya. Tapi ketika muncul pertanyaan, apakah dengan facebook Anda memberikan manfaat bagi orang lain? Saya kira, jawaban tak semudah dan secepat pertanyaan pertama. Buku inilah yang akan memberikan semacam panduan singkat bagaimana bisa memberikan manfaat kepada orang lain dengan aktivitas facebook-ing yang kita lakukan.


Buku ini diawali dengan pemaparan mengenai pernak-pernik facebook. Mulai dari paparan sejarah tentang facebook, langkah-langkah mudah membuat acount di facebook, sampai memahami aplikasi-aplikasi di dalamnya. Saya kira bab ini sudah banyak orang yang memahaminya. Nah, yang menarik soal pembahasan mengenai facebook baru muncul di halaman 103 dan seterusnya. Penulis memaparkan sebuah pembahasan mengenai “Dakwah Lewat Facebook”.


Seperti dalam pengertian agama, dakwah sendiri sering diartikan bagaimana mengajak kepada kebaikan dan meninggalkan keburukan. Ajakan secara konvensional, seperti yang kita pahami sering melalui ceramah-ceramah agama, maupun khotbah-khotbah yang dilakukan juru agama di masjid-masjid. Seiring perkembangan teknologi komunikasi yang tak terbendung lagi, maka aktivitas syiar pun berkembang sesuai jaman. Saat ini, melalui apa yang disebut jejaring media, facebook adalah salah satunya.


Kata kunci dalam buku ini sebenarnya terletak pada sikap. Yaitu bagaimana sikap kita bagaimana benar-benar menggunakan semacara maksimal fitur-fitur yang ada dalam facebook untuk mengajak kebaikan dan mencegah keburukan. Baik melalui aplikasi status, note, video, event dll.


Dalam buku ini, kita juga diingatkan untuk berfacebook secara beradab. Mulai dari tak menghina atau memfitnah orang, mengurangi status yang isinya hanya berkeluh kesah saja sampai mengingatkan kita itu saling nasehat menasehati dalam kebaikan. Sederhana memang, tapi kadang kita lupa untuk menerapkannya dalam praktek. Kesimpulannya, jika Anda bisa melakukan hal yang demikian, maka facebook bisa mengantarkan Anda menuju surga. Kalau tidak, ya sudah pasti sebaliknya. Semua tergantung sikap kita. []


*Penikmat buku dan senja

http://penamuda.multiply.com

2 Responses to "(Resensi) Facebook, Jalan Menuju Surga"

dhodie mengatakan...

Judul bukunya tempting...

Banyak status berkeliaran di fesbuk saia, tapi rasanya saia malah ilfeel dan kepengen muntah. Terlalu menggurui menurut saia. Padahal jikalau dikemas sedikit manis, akan lebih banyak yang simpati dan memberikan support *curcol*

Hmm tertarik untuk membacanya........ di Gramedia :lol:

wahid mengatakan...

hmmm,,,
hmmm,,,,,,,,
jadi malu, hihi,,,
TFS :)