Keajaiban Sedekah Rp 2000


Keajaiban Sedekah Rp 2000
:Yons Achmad*

“Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan
Kecuali ia bertambah … bertambah … bertambah …”

 (HR At-Tirmidzi)

Saat dia hamil. 2 kali masuk rumah sakit Harapan Kita, Jakarta.  Habis puluhan juta rupiah. Dana yang seharusnya bisa digunakan untuk biaya persalinan (melahirkan) kelak. Tapi, rupanya Allah SWT memberikan sedikit ujian. Istri harus dirawat di rumah sakit karena ada sedikit problem fisik yang memang harus disembuhkan.

Sebulan sebelum melahirkan…

Rasa takut begitu menghinggapi saya. Terutama dalam soal dana. Saya begitu khawatir bagaimana biaya persalinan kelak. Karena  kami belum ikut jaminan kesehatan BPJS. Memang, saya sudah memproses pembuatan BPJS itu beberapa bulan lalu. Namun ternyata prosesnya tak mudah. Saya membayangkan bagaimana kalau lahir cesar dan biaya yang dikeluarkan nantinya begitu banyak. Bagaimana kalau rumah sakit tak mau menerima karena tidak ada dana cukup sebagai biaya awal persalinan.

Kalau sudah begini saya lari ke masjid. Berdiam diri. Hanya bisa pasrah. Berdoa saja. Hingga inspirasi datang. Saya ingat ajaran sederhana tentang sedekah. Nah, walaupun saya sedang butuh dana banyak, tapi saya akan mencoba terus bersedekah, walau sedikit. Rp 2000 saja setiap habis subuh. Kalau sedang telat subuhan di masjid, siangnya harus bersedekah lebih banyak lagi kepada siapa saja.

Lalu, keajaiban terjadi. Tanggal 6 Maret berhasil membuatkannya kartu BPJS. Dan bisa digunakan tepat seminggu kemudian sesuai aturan berlakunya kartu. Tanggal 13 Maret 2015 kartu itu bisa digunakan, tepat di hari itulah istri melahirkan. Dan akhirnya kami bisa menggunakan kartu “Sakti” program yang dicanangkan semasa pemerintahan  SBY itu.

Dan Alhamdulillahnya lagi, seminggu sebelum melahirkan ada rezeki Rp 2 juta dari klien baru saya. Dan kami gunakan untuk biaya pernak-pernik persalinan itu. Lega rasanya hari ini kami bisa pulang  membawa anak dan ibunya dengan selamat dan senang, tanpa harus ditahan karena biaya kurang. Sebab, dengan BPJS, semua biaya gratis.

Kalau sudah begini, yang ada hanyalah tinggal rasa syukur kepada Allah SWT. Sang pemberi rezeki kepada hambanya. Tak peduli siapa dia. Asalkan serius meminta, Allah SWT pasti mengambulkannya. Hanya janji yang diam-diam terbesiht dalam hati. Agar selanjutnya bisa terus bersedekah, kalau bisa lebih banyak lagi.

Salam kecup buat Jingga Kanaya
Putri kecil kami yang pertama.

Rumah Senja: 15 Maret 2015

*Penulislepas. Penikmah Teh. Penggila Haiku. Penyuka Senja @Senjakarta.

0 Response to " Keajaiban Sedekah Rp 2000"