Suatu Senja di Toko Buku Leksika


Suatu Senja di Toko Buku Leksika
Oleh
Yons Achmad*

Setahu saya, toko buku Leksika adanya di Lenteng Agung, ternyata sudah ada di beberapa tempat. Saat saya asyik tidur siang, karena malemnya lembur menulis buku biografi seorang dokter, seorang teman menelepon suruh datang pada acara bagi-bagi buku gratis di toko buku Leksika Kalibata. Antara sadar dan tak sadar saya bilang saja “Oke”. Ya, ditahun 2012, memang salah satu resolusi diam-diam saya adalah pantang berkata tidak untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Berangkatlah saya dan teman ke toko buku itu. Ternyata memang sedang ada promo dari toko buku itu. Saya mendapatkan buku gratis seharga Rp. 50 ribuan. Buku baru terbitan Mizan. Judulnya “The Shallows: Internet Mendangkalkan Cara Berpikir Kita”. Menarik, pikir saya, tidak ada syarat apa-apa pula, hanya menunjukkan KTP saja. Bagi para pecinta buku dan pemburu buku-buku bagus gratisan, saya kira promo dari toko buku Leksika ini patut diserbu. Kapan lagi coba dapat buku gratisan cuma-cuma?

Tapi sebenarnya, senja itu bukan cuma acara bagi-bagi buku gratis dari Leksika saja. Ada anak-anak dari Goodreads Indonesia yang apalagi kerjaannya kalau tidak bikin “Kerusuhan” alias bikin acara seru tentang perbukuan. Senja itu rapatnya, dengan kepala suku dadakan Mbak Truly dengan beberapa pasukannya: Aditya, Mery, Rina, Shera, Fauzi, Melody, Ricky, Rizki dan Wibisono. Mungkin ada yang kenal diantaranya, salah satunya adalah juga dedengkot Forum Buku Kaskus (Kaskus Serapium). Mau bikin “Kerusuhan” apa lagi mereka? Tunggu saja tanggal mainnya.

Disela-sela rapat itu, saya juga sempat berbincang dengan Mas Riyo, business development dari toko buku Leksika. Ramah orangnya. Yang tak menyangka juga, ternyata teman kuliah kakak saya di UNS Surakarta. Saya sempat menanyakan tentang program-program apa yang diadakan Leksika untuk para pembaca buku di Indonesia. Ternyata, banyak juga.

Khusus untuk mereka yang pingin dapat buku gratisan, bisa mengikuti gimanya caranya dengan memantau beberapa akun media sosial mereka. Diantaranya beralamat di @leksika_kc untuk Twitter, sementara kalau di Facebook ketik saja Leksika Kalibata City, nanti juga akan ketemu. Selain itu, ada undian belanja, menjadi sponsor untuk acara-acara komunitas pembaca buku dan juga kalau ada komunitas yang ingin mengadakan acara misalnya talkshow seputar kepenulisan dan perbukuan, atau acara bedah buku, bisa dilakukan di toko buku Leksika itu, gratis pula. Jangan khawatir, bagi penggemar jajanan kuliner, banyak resto dan gerai makanan di sekitar toko buku itu.

Sebagai seorang publicist, tanpa pikir panjang saya langsung tertarik mengadakan acara di toko buku itu. Rencana, dalam waktu dekat, awal Februari 2012, saya mewakili Event Organizer dari Kanetmedia.com akan mengadakan acara bedah buku yang ditulis oleh Muthia Esfand dkk dengan judul The Paradise Journeys : Kisah-kisah petualangan berkeliling Indonesia, Asia, Amerika, dan Eropa. Selain berisi panduan seputar traveling yang praktis, murah dan menyenangkan, buku itu juga berisi refleksi spiritualitas penulisnya terhadap tempat-tempat yang dikunjunginya. Lagi-lagi, tunggu saja tanggal mainnya.

Suatu senja di toko buku Leksika, saya juga ketemu dengan mantan mahasiswi lulusan Inggris jurusan Creative Writing. Oh Tuhan, ini jurusan keren sekali yang di kampus Indonesia tidak ada. Saya belum sempat ngobrol banyak dengannya. Suatu saat saya pasti akan mengajaknya ngobrol dan sekedar menyecap secangkir teh bersama. Saya ingin dengar ilmunya. Ini dulu cerita senja saya. Sampai ketemu pada senja berikutnya. []

Halim Perdana Kusuma: 8 Januari 2012/ 01. 15.
@Senjakarta



3 Responses to "Suatu Senja di Toko Buku Leksika"

Arif Doelz mengatakan...

jika bagimu kata adalah senja
kuingin hirup senjamu bagi kataku

Sukanitha mengatakan...

Mauu... mau buku2 gratiss hehee...

om kabar-kabari ya bedah buku yg bulan februari itu... dari dulu pengen banged bisa keliling dunia.. hehhee

khanifa mengatakan...

acara-acara tentang perbukuan/kepenulisan selalu membuat saya "ngiler". berharap suatu saat tidak hanya menjadi seorang pembaca buku/tulisan, tapi juga yang berkiprah di dunia perbukuan/kepenulisan.

Salam kenal,